Friday, December 19, 2008

Brunei Darussalam, Small but Wealthy Sultanate in Borneo


Negara Brunei Darussalam terletak di bagian utara Pulau Borneo, dengan letak geografis sepenuhnya dikelilingi Sarawak, negara bagian Malaysia. Memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tanggal 1 Januari 1986, Brunei sepenuhnya negara kesultanan Islam berdaulat dengan hampir setengah dari GDP berasal dari export minyak bumi. Membuatnya menjadi negara terkaya di pulau Borneo.

Pada masa akhir perang dunia kedua pasca terbentuknya Federasi Malaya tahun 1948, pemerintah kolonial Inggris hendak menggabungkan wilayah semenanjung berserta Singapura, dan Sarawak, Sabah, Brunei Darussalam dibagian utara Borneo (British North Borneo) untuk membentuk Malaysia. Namun karena sempat meletus pemberontakan menentang kesultanan (Brunei Revolt, dipimpin Yassin Affandi) dan keinginan kekuasaan absolut sultan akan pemerintahan beserta sumber minyak, maka Brunei memilih untuk keluar dari federasi. Demikian pula Singapura yg kemudian dikeluarkan dari Malaysia beberapa tahun setelah terbentuk, karena perselisihan politik Lee Kuan Yew dan pemerintahan Teuku Abdul Rahman di Kuala Lumpur.


Sultan Hassanal Bolkiah memimpin sebagai kepala negara, perdana mentri, mentri pertahanan, sekaligus mentri keungan. Sultan memiliki kewenangan absolut dalam setiap kebijakan negara, termasuk status kekebalan hukum bagi ia beserta keluarga kesultanan. Pers mendukung penuh, serta hampir tidak pernah melontarkan kritik terhadap pemerintahan. Yang menarik adalah, kebijakan pemerintah untuk mensubsidi sembako, pendidikan, perumahan, dan layanan kesehatan. Pajak korporat dan pribadi bagi negara juga dibebaskan.


Selain itu karena keuangan negara dikendalikan secara pribadi oleh Sultan, maka Sultan Hassanal Bolkiah menyandang status sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Ia memiliki ratusan koleksi mobil mewah diantaranya (The Daily Mirror,UK): 531 Mercedes-Benzes, 367 Ferrari, 362 Bentley , 185 BMW, 177 Jaguar, 160 Porsche, 130 Rolls-Royce, dan 20 Lamborghini. Bagi keperluan pribadi ia juga memiliki Boeing 747-400 (dilengkapi furniture berlapis emas) senilai US$233 juta dollar, 6 buat pesawat jet mini, dan 2 buah helicopter. Jerudong park, sebuah taman bermain gratis pernah ia bangun senilai US$3 milliar dollar. Kediaman resminya di Istana Nurul Iman dilengkapi 1.788 kamar, 257 kamar mandi, dengan luas keseluruhan 2.152.782 hektar, adalah istana kesultanan terluas di dunia. Demikian pula gaya hidup mewah yg melingkupi seluruh anggota keluarga kesultanan

Tercatat 3 kali pernikahan oleh Sultan Hassanal Bolkiah, istri kedua telah ia ceraikan dilepas gelar kebangsawanannya, serta istri ketiga yang lebih muda 33th merupakan mantan presenter berita TV3 Malaysia.



Berikut adalah pembagian wilayah Brunei Darussalam:
• Belait
• Brunei and Muara
• Temburong
• Tutong
Distrik tersebut masih dibagi menjadi 38 wilayah lebih kecil, yang disebut mukim.

Kebudayaan kesultanan ini lebih konservatif dari Malaysia, terlihat dg pembatasan alcohol di tempat public dan keberadaan hiburan malam yg sama sekali tidak diperbolehkan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment